Wifi Untuk Warung Kopi atau Cafe

Rekomendasi Jenis Wifi Untuk Warung Kopi atau Cafe

Wifi untuk warung kopi atau cafe merupakan fasilitas daya tarik pengunjung warung atau cafe yang masih trend hingga kini. Bagi pengunjung rasanya tidak lengkap jika menikmati hidangan dan bersosialisasi dengan kawan, relasi tanpa akses internet. Tentunya pengunjung warung menginginkan kecepatan dan kestabilan, minimal adalah kesetabilan koneksi internet bagi para peselancar yang berkunjung.

Jenis Wifi Untuk Cafe

Banyak sekali jenis wifi atau merek-merek wifi yang ditawarkan pada toko komputer atau perlengkapan jaringan. Pengusaha warung kopi setidaknya harus sedikit tahu apa yang kira-kira paling cocok untuk warungnya. Karena jika kita tidak merencanakan maka bisa jadi Anda salah spesifikasi saat membeli perangkat wifi tersebut. Yang tentunya secara bisnis menjadi tidak efisien dalam pengeluaran atau pelayanan. Pendek kata, jangan sampai pengusaha warung kopi atau cafe salah spesifikasi dalam belanja pengadaan wifi untuk warungnya. Sebab bisa jadi spesifikasi yang dibeli terlalu tinggi hingga ada bagian yang mubadzir dan kurang bermanfaat. Ibarat butuh ngangkut beras 50 Kg tapi kita membeli kontainer berkapsitas 100 Ton, hehe… Atau malah sebaliknya, karena terlalu menekan biaya akhirnya membeli spek yang jauh dibawah kebutuhan pengunjung warung Anda, Jadinya koneksi sering ngadat dan terputus serta lambat.

Apa yang harus Anda hitung ketika akan belanja kebutuhan wifi untuk hostpot warung kopi Anda?

  • Quantity pengguna yang akan dilayani dan perencanaan pengembangan.

Untuk dapat melayani kebutuhan pengunjung warung kopi dengan optimal, seorang pengusaha warung kopi harus menghitung jumlah pelanggan yang berkunjung maksimal yang akan memanfaatkan layanan wifi Anda. Misal perkiraan daya tampung total pengunjung dalam warung Anda 30 orang dan masing-masing menggunakan layanan wifi Anda, maka Anda harus menyediakan perangkat yang mampu melayani akses tersebut secara optimal. Sehingga tidak ada pelanggan yang merasa tidak kebagian akses internet atau putus karena berebut atau device yang tidak memadahi layanan tersebut.

  • Besaran kecepatan akses data atau bandwidth dari provider.

Ada banyak provider broadband akses internet yang menawarkan berbagai macam feature dan varian jenis paket-paket internet. Mulai dari speed 3 Mbps – 300 Mbps, mulai dari broadband, shared hingga dedicated akses internet. Dalam pelayanan jenis wifi untuk warung kopi atau cafe cukup menggunakan paket shared brodband internet akses seperti misal Indihome, MyRepublic, MNC, First Media dan mungkin ada beberapa pemain lokalan lainnya yang menawarkan harga kompetitif. Besarnya paket tergantung perencanaan pengguna atau pengakses maksimal pengembangan warung Anda. Misal Akan ada pengembangan dalam jangka pendek mencapai 50 orang maka secara sederhana Anda cukup ambil paket 50 X 1 Mbps = 50 Mbps. Atau minimal setengah dari hitungan maksimal tadi. Hitungan secara sederhana itu sudah sangat layak dan jika 50 orang tersebut mengakses secara bersamaan maka tidak ada kata lambat meski semuanya nonton bola pada youtube. Tapi tergantung provider dan latensi masing-masing provider.

Tidak ada kepastian bahwa provider A yang terbaik dan B yang terburuk. Karena masing-masing provider juga punya perangkat aktif pada masing-masing wilayah kerja dan tentunya dengan spesifikasi dan kwalitas yang berbeda. Bisa jadi provider A terbaik di wilayah Anda, tapi belum tentu di wilayah saya yang terbaik.

Dari hitungan sederhana di atas maka jika target pelanggan Anda misal ada 20 orang, maka Anda cukup pasang internet yang speednya 20 Mbps sudag sangat cukup baik pakai banget. 🙂 So minimal Anda pasang setengah dari nilai makximal tadi yakni 20 orang X 0,5 Mpps = 10 Mbps sudah cukup memuaskan.

Lantas Jenis Wifi Apa yang direkomendasikan digunakan?

Untuk pelayanan optimal dan beberapa pengalaman dari saya memasang wifi dan konfigurasi, baik model free hotspot maupun modem hotspot berbayar, saya menggunakan Mikrotik. Mikrotik tersebut ada bermacam-macam type yang masing-masing type juga mempunyai spesifikasi kapasitas maksimum penggunaan bersama-sama / concurrent use.

Jenis Wifi Untuk Cafe berdasarkan jumlah pengguna (pengunjung)

  • Maksimal 10 pengunjung : Router Wireless RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) adalah jenis mikrotik wireless yang cukup untuk dikases 10 orang secara bebarengan. Harga dipasaran masih di bawah Rp 500.000 an. Saran bandwdth optimal 10 Mbps minimal 5 Mbps.
  • Maksimal 20 pengunjung : Router Wireless RB952Ui-5ac2nD (hAP-AC-Lite) adalah jenis mikrotik wireless yang direkomendasikan atau lebih stabil mebggunakan Router Wireless RBD52G-5HacD2HnD-TC (hAP-AC2). Bandwidth minimal pada 10 Mbps.
  • Maksimal 50 pengunjung : Disarankan menggunakan 2 unit RB962UiGS-5HacT2HnT (hAP-AC) dengan pembagian beban perkiraan masing2 maksimal 25 User concurrent. Bandwidth minimal pada 20 – 24 Mbps.
  • Bagai mana jika lebih? sederhananya paling optimal 1 perangkat Wifi diakses secara bersamaan pada maksimal 25 concurrent User untuk type Mikrotik RB962UiGS-5HacT2HnT (hAP-AC) tersebut. Dengan bandwidth tergantung kebutuhan sesuai maksimal kapasitas layanan Anda.

Mengapa penulis merekomendasikan mikrotik untuk salah satu Jenis Wifi pada Cafe ?

Alasan sederhana karena mikrotik adalah router yang bisa di manage dan mampu membagi bandidth supaya pemakaian bisa adil tidak saling rebutan bandwidth antara satu dengan pengunjung yang lainnya. Hehehe, apakah yang lain tidak ada? pasti Ada namun tidak seleluasa mikrotik dalam mengatur jaringan wifi Anda. kalau toh pun ada pasti harganya sangat garang jauh di atas Mikrotik. Misal Cisco, Aruba, Athai dan banyak brand wireless keren lainnya yang secara harga dan varian tidak mampu bersaing dengan Mikrotik tentunya.

Anda butuh info pembelian dan konfigurasi Mikrotik untuk cafe Anda? Silahkan inbox atau hubungi via chat. Sukses yaaa..