LoRa Frekuensi Modulasi Jangkauan Luas

LoRa Frekuensi Modulasi Sebagai Penghantar Signal Digital Jangkauan Luas

Lora frekuensi modulasi yang dimanfaatkan sebagai penghantar signal digital adalah jenis gelombang radio yang mampu menjangkau jarak yang jauh. LoRa singkatan dari Long Range atau jangkauan luas atau menjangkau jarak yang jauh. LoRa ditemukan oleh Nicolas Sornin dan dikembangkan dalam sebuah wadah bendera Semtech.

Lora Frekuensi Modulasi
Picture of Nicolas Sornin

LoRa bisa menggunakan metode transmisi FSK(Frequency Shift Keying), PSK(Phase Shift Keying) dan lain sebagainya. Lora frekuensi modulasi long range tentunya juga mempunya kalan frekuansi FM dan berbeda-beda sesuai dengan regionalnya
1. Regional Asia menggunakan frekuensi 433 Mhz
2. Regional Eropa menggunakan frekuensi 868 Mhz
3. Regional Amerika Utara menggunakan frekuensi 915 Mhz

LoRaWAN

Lorawan adalah salah satu jenis lora frekuensi modulasi yang diperuntukan untuk node-node jaringan WAN (Wide Area Network). LoRaWan menggunakan frekuensi salah satu dari pita 868/915/2450 MHz dengan cara kerja mirip dengan Sigfox. LoRaWan juga menggunakan BTS yang mampu menghubungkan ribuan perangkat client dengan jarak antara 2 hingga 5 KM dalam kota, 15 hingga 50 KM untuk daerah yang LoSnya bagus.

Lora Frekuensi Modulasi
Image edited by Zeea

Perkembangan Lora Frekuensi Modulasi dimasa akan datang

  • LoRa-loc : LoRa untuk kebutuhan tracking, navigasi, maping atau dikenal dengan geolocation berbasis LoRa. LoRa geolocation menggabungkan teknologi radio (GNSS/GPS, WiFi).
  • Multi-Region Devices : Berkaitan aturan masing-masing regional, maka hanya dengan membedakan frikuensi yang dipancarkan saja kita sudah bisa menentukan region sebuah LoRa. Perangkat di region yang berbeda (Europe, US, Asia) akan memancarkan pita frekuensi yang berbeda pula mengingat aturan frekuensi yang berbeda dari setiap region.
  • Security : Setiap perangkat LoRa mempunyai ID Perangkat yang berbeda-beda seperti hanya mirip mac adress pada ethernet dan sebuah root key. ID ID tersebut terdaftar dalam database sebuah server untuk keamanan akses dan kebutuhan khusus masing-masing perangkat.
  • FOTA : Dengan kata lain Firmware Over The Air adalah fitur yang menarik dan ditunggu dari teknologi LoRa.
  • Upstream Encoder : Teknologi LoRa bersifat asimetrik, yang dioptimasi untuk uplink.

Manfaat LoRa Frekuensi Modulasi

  • Kontroller Mesin Industri : Lora/Lorawan bisa dimanfaatkan sebagai IOT (In Out Terminal) perangkat-perangkat mesin industri. Misal gas kontrol, debit kontroller, temperatur monitoring, solar panel controller dan masih banyak lagi.
  • Smart City Project : Lora/Lorawan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengatur tata kota yang modern. Misal trafic kontrol, pengontrol debit air drainase (fload warning system), scurity system dan sebaginya.
  • Metering Reading : Perangkat ini juga bisa di jadikan sebagai pembaca meter air, listrik, solar panel, pump oil, debit gas bumi dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat yang bisa dihandle oleh LoRa Frekuensi Modulasi ini selain yang disebutkan diatas. Nanti akan kita ulas di artikel yang akan datang.

Pengujung juga mencari :