Kabel UTP

Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair

Kabel UTP adalah kawat tembaga yang diterdiri dari 4 pasang yang diuntai ulir menjadi satu bungkus / jacket. Jadi dalam satu jacket kabel tersebut terdapat delapan helai yang masing-masing diuntai sepasang-sepasang menjadi 4 pasang. Fungsi kabel tersebut adalah untuk mentransmisikan signal-signal digital dari perangkat jaringan komputer.

Kabel UTP
Images edited by Baim

Kabel UTP terbuat dari bahan tembaga yang berkuwalitas baik dengan besar hambatan yang kecil, sehingga mampu menghantarkan signal dengan baik. Kabel ini dirangkai ulir sepasang-sepasang tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan signal digital yang ditransmisikan. Ada empat pasang kabel dengan warna sebagai berikut :

  1. Putih Orange dengan Orange
  2. Putih Hijau dengan Hijau
  3. Putih Biru dengan Biru
  4. Putih Coklat dengan Coklat

Pemasangan urutan pada konektor RJ-45 adalah seperti pada gambar berikut :

Urutan Kabel UTP
Images edited by Adi

Berdasarkan jenis kabel UTP ada beberapa macam diantaranya adalah :

  • UTP Cat 1 (Kategori satu), yakni jenis kabel dengan spesifikasi terendah saat ini. Kabel jenis ini biasanya hanya di pakai untuk keperluan audio atau voice saja. Seperti PABX atau bisa juga untuk triger alarm fire detector pada gedung bertingkat.
  • UTP Cat 2 (Kategori dua), yakni jenis kabel penyempurnaan dari kabel jenis Cat 1 diatas. Kabel ini mampu mentransmisikan data hingga 4 Mbps saja.
  • UTP Cat 3 (Kategori tiga), yakni jenis kabel penyempurnaan dari kabel diatas. Kabel ini mampu mentarnsmisikan data hingga 10 Mbps saja. Biasanya digunakan untuk jaringan yang masih menggunakan teknologi hub pada jaringan perkantoran jaman dahulu.
  • UTP Cat 4 (Kategori empat), yakni jenis kabel penyempurnaan pada kategori dibawahnya dengan maksimal besar transmisi data hingga 16 Mbps.
  • UTP cat 5 (Kategori lima), yakni jenis kabel yang masih banyak digunakan di perkantoran di warnet, game online dan penghubung jaringan antar ruangan kerja. Kabel UTP jenis ini sudah mampu mengirimkan data hingga mencapai 100 Mbps.
  • UTP Cat 6 (Kategori enam), yakni jenis kabel yang kwalitasnya lebih bagus dari kategori sebelumnya. Kabel UTP cat 6 sangat diminati untuk perkantoran jaman now, karena mampu mengirimkan data hingga 1 Gbps. Kabel jenis ini paling banyak digunakan untuk jaringan komputer yang butuh kecepatan tinggi seperti design grafis, video server dan sebagainya.
  • UTP Cat 7 (Kategori tujuh), yakni jenis kabel yang terbaik saat ini, karena mampu mentransmisikan data hingga 10 Gbps dan 1000 Mhz modulasi. Kabel jenis ini masih mahal jika di aplikasian untuk perkantoran yang midle. Kabel ini biasanya dipakai untuk menghubungkan antar core switch pada jaringan besar. Kabel jenis ini masing-masing pair atau pasangan terbungkus dengan lempeng kertas logam (shielded). Jadi sangat kecil inteferensi gelombang dari luar.

Betapapun kabel UTP cat 7 saat ini mampu mentransmisikanĀ  data hingga 10 Gbps, tapi tetap yang namanya kabel tembaga masih ada minusnya. Kabel jenis tembaga atau copper tidak bisa mentransmisikan data pada jarak yang terlalu panjang. Untuk backbone yang menghubungkan antar core switch berlainan gedung dibutuhkan kabel optic yang bebas inteferensi glombang radio.