Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik Pada Jaringan komputer

Kabel fiber optik adalah kabel yang berisi serat kaca yang berfungsi sebagai penghantar signal cahaya seperti sandi morse pada jaringan. Serat atau serabut tersebut sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut untuk mentransmisikan sinyal cahaya ketempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah dari sinar laser atau LED.

Kabel fiber optik
Images by Nanda

Kabel fiber optik mempunyai kecepatan akses data yang sangat tinggi, 1 core kabel serat optik mampu menghantarkan hingga 10 Gbps. Tapi itu semua tergantung perangkat serta teknology device yang gunakan. Fiber optik kini biasanya digunakan untuk menghubungakan 2 perangkat jaringan dengan jarak yang jauh (hingga 100KM). Istilah umum tersebut adalah sebagai backbone antar jaringan dan gedung bahkan kota hingga negara.

Ada 3 (tiga) macam jenis kabel optik

  1. Single mode, yaitu jenis kabel serat optik yang diameter core sangat kecil sekali (8µM). Dengan besar diameter core yang mendekati panjang gelombang, maka cahaya yang lewat tidak terpantul ke dinding cladding. Kabel jenis single mode ini jarak transmisinya paling jauh. kabel single mode hanya mengirim satu sinyal pada waktu yang sama. Pulsa atau frekuensi cahaya yang ditransmisikan pada kabel jenis ini panjang gelombangnya 1310-1550nm.
  2. Multimode, yaitu jenis kabel dengan diameter core yang sedikit lebih besar dibanding single mode (10µM). Dengan ukuran tersebut membuat transminsi cahaya di dalamnya terpantul kedinding cladding. Akibatnya dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optic jenis ini. Kabel type multi mode dapat megirimkan data yang berbeda pada saat yang bersamaan. Tapi sayang kabel ini hanya mampu menjangkau kurang dari 550 meter.
  3. Multimode grade index, juga dikenal sebagai G.651.1 di bawah standar International Telecommunication Union (ITU). Kebel jenis ini mempunya diameter core yang paling besar dan jarang digunakan karena jarak transmisinya yang sangat pendek.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Meskipun hadir dengan kemampuan lebih tinggi daripada jenis kabel yang terdahulu bukan berarti kabel Fiber Optik ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Dibawah ini kami jelaskan berbagai macam kelebihan serta kekurangan yang dapat anda peroleh jika menggunakan Fiber Optik :

Kelebihan Fiber Optik

  1. Jenis kabel fiber optik jenis ini memiliki kemampuan mengantarkan data dengan kapasitas besar serta jarak transmisi yang sangat jauh. Dengan kapasitas Gigabyte per secon maka memberikan kebebasan bagi perusahaan – perusahaan internet dan telepon memilih bandwith tinggi.
  2. Meskipun memiliki kemampuan yang besar bentuk fisik dari kabel ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lain karena bahannya dari serat kaca dan plastik. Hal ini memungkinkan tersedianya ruang yang cukup besar.
  3. Karena tidak menggunakan arus listrik kabel Fiber Optik ini bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio, serta mempunyai ketahanan yang cukup kuat juga sehingga banyak digunakan perusahaan – perusahaan besar.
  4. Meskipun memiliki kecepatan akses yang tinggi namun tetap kemungkinan hilangnya data sangatlah rendah, jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan validitas data.
  5. Karena tidak menggunakan listrik maka kemungkinan adanya konsleting juga tidak akan terjadi, jadi dalam hal keamanan juga sangat terjamin.

Kekurangan Fiber Optik

  1. Kekurangan terbesar dari kabel Fiber Optik adalah harganya yang cukup tinggi, hal ini sangatlah wajar mengingat bahan – bahan yang digunakan serta pemasangannya. Oleh sebab itu pengguna kabel jenis bukanlah sembarangan melainkan perusahaan atau penyedia jasa komunikasi yang memang menginginkan akses lebih cepat.
  2. Selain memakan biaya besar pada saat pemasangan, untuk perawatan Fiber Optik pun juga memerlukan biaya yang tidak sedikit melihat alat – alat yang digunakan juga tidaklah murah.
  3. Perhatikan juga penempatan kabel Fiber Optik, biasanya dipasang pada jalur yang berbelok atau yang memiliki sudut melengkung agar proses berjalannya gelombang bisa lebih lancar atau tidak terhambat.

Pengujung juga mencari :