Industri 4.0 Dan Komputerisasi

Industri 4.0 Dan Komputerisasi

Industri 4.0, apa sih maksudnya industri 4.0 itu, kok kayak USB 2.0, USB 3.0, hehehehe.. Berhubung ada hubungannya dengan teknologi informasi, maka saya coba untuk sedikit berbagi tentang industri 4.0. Istilah industri 4.0 awalnya diperkenalkan pada Hannover Fair, 4-8 April 2011. Istilah tersebut digunakan pemerintah Jerman untuk memajukan bidang industri ke tingkat berikutnya, dengan bantuan teknologi. Industri 4.0 atau Industri generasi ke 4 bisa diartikan sebagai adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Pada mesin-mesin industri tersebut di manage dan monitor melalui teknologi machine learning dan AI.

Industri 4.0

Pada tingkatan system industry 3.0. saat itu, sebenarnya teknologi informasi sudah menjadi bagian dari unsur pembentuknya. Hanya saja pada industri 3.0 tersebut komputer belum saling terhubung antar satu dengan yang lainnya. Sehingga pada case tertentu masih dibutuhkan campur tangan manusia untuk mengambil keputusan logis bila terjadi kendala.

Pada tingkatan industry 4.0 ini di design antar mesin bisa saling terhubung dan bisa di program dengan piranti lunak, sehingga mesin-mesin bisa kaya analogi logis untuk mengambil keputusan apa yg harus dilakukan. Misal sebuah industri pengalengan ikan, pada mesin A adalah pembuat kaleng yang akan dimasukkan ke mesin B. Mesin B akan memroses pengisian ikan bandeng sebesar 250 gram misal, maka jika proses dari mesin A lancar, maka komputer dari mesin A akan mengirimkan signal ke mesin B bahwa kaleng sudah ready di isi ikan. Jika terjadi error pada mesin A, maka mesin A akan mengirimkan signal ke mesin B supaya pengisian ditunda hingga ada kaleng kosong yg siap di isi dari mesin A. Begitu juga hingga siap ke pengalengan.

Dengan system metode industri versi 4.0 ini sangat memungkinkan untuk membuat perusahaan yang smart dengan minimal campur tangan manusia didalamnya. Karena semua sudah didesign dan dikontrol oleh komputer-komputer yang saling terhubung dari mesin satu ke mesin yang lainnya. Sebagai pelaku dunia digital sudah siapkah kita menyambut industri 4.0 di Indonesia? Tentunya siap tidak siap sebagai generasi milenial yang penuh dengan tantangan baru dan hidup ditengah teknology, Anda harus siap dan enjoy dengan kemajuan tersebut.

Pengujung juga mencari :