Hotspot Warung Kopi

Hotspot Warung Kopi

Hotspot warung kopi adalah layanan internet sebagai penarik konsumen oleh para pengusaha cafe coffee atau dikenal dengan warung kopi. Layanan internet media Wifi ini sangat praktis karena tidak membutuhkan banyak kabel jaringan yang lalu lalang dalam area warung Anda. Layanan Wifi ini bisa juga dijadikan sebagai alternative pendapatan tambahan dengan pengaturan management user media mikrotik sebagai billing servernya.

Hotspot Warung Kopi

 

Dengan menambahkan layanan wifi pada usaha warung kopi yang Anda kelola sudah pasti menjadikan nilai plus dimata konsumen. Hanya saja pada artikel kali ini mencoba memberikan pandangan bukan untuk free wifi yang saling berebut bandwidth masing-masing klien. Tapi bagaimana memanage hotspot warung kopi berbayar yang tentunya dengan management bandwidth masing-masing usernya juga.

Dengan hadirnya hotspot warung kopi berbayar harapannya adalah membantu pengusaha warung kopi untuk meringankan biaya tagihan internet bulanan. Disamping itu juga tentunya ada kepuasan pelayanan tidak fokus hanya kepada free wifi internet saja, namun juga kepada layanan lainnya seperti keramahan para pramusaji, kenyamanan tempat, area parkir yang aman dan luas.

Untuk memanage para pengakses wifi dan billing tersebut pengusaha warung kopi cukup menyediakan satu buah Mikrotik. Standart spesifikasi atau type yang direkomendasikan adalah type Router Wireless RB951Ui-2HND sebagai billing managemen. Tapi jika dirasa perlu menyebaran area yg lebih luas bisa ditambah dengan Wireless Indoor RBcAPL-2nD (cAP-Lite) sebagai penyebar signal pada lokasi lain jika diperlukan.

mikrotik billing hotspot

Spesifikasi perangkat untuk membangun hotspot warung kopi diatas bukan sebagai acuan mutlak. Anda bisa juga mengganti spesifikasi yang lain yang harganya sesuai dengan budget Anda. Perangkat diatas bisa dibeli dengan kisaran harga total Rp 1.500.000 an, dan tergantung ke harga US$ sih. Untuk mengawali bisa juga menggunakan type dibawah itu dengan 1 mikrotik Router Wireless RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) dengan harga kisaran Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Management user hotspot mikrotik

Untuk billing mikrotik hotspot warung kopi tersebut bisa menggunakan aplikasi bawaan mikrotik “User Manager”, atau bisa menggunakan aplikasi “easy hotpot” atau yang paling umum digunakan serta mudah adalah “Mikhmon“. Anda bisa mengunduh dan mempelajari bagaimana cara mengkonfigurasi daftar harga pada web site tersebut. Mikhmon ini dibuat dan dipersembahkan oleh Gusti Komang Laksamadi untuk para pengusaha hotspot supaya mudah memanage billingnya. Atau kalau Anda jago coding dengan API Router OS bisa juga create sendiri lho. Tapi kalau sudah ada yang menyediakan ngapain repot bikin sendiri ya? hehehe, tinggal download, menggunakan, puas lalu donasi ke Beliau untuk pengembangan.

Bagi para pengusaha warung kopi yang menginginkan pengadaan layanan internet berbayar ini tapi masih bingung apa yang harus dilakukan dan beli dimana, bisa hubungi saya via contact di web site ini.