Network Address Translation (NAT) Memetakkan IP Publik Ke IP Lokal

Network Address Translation (NAT) Memetakkan IP Publik Ke Jaringan Lokal

Network Address Translation (NAT) adalah metode pemetaan ulang satu ruang alamat IP ke ruang lain dengan memodifikasi informasi alamat jaringan di IP Header paket saat mereka sedang transit di perangkat router. Teknik ini awalnya digunakan sebagai cara pintas untuk menghindari kebutuhan untuk membaca ulang setiap host ketika jaringan dipindahkan. Ini telah menjadi alat yang populer dan penting untuk menjaga kerterbatasan alamat IP Publik dalam menghadapi perubahan dinamis alamat IPv4. Satu alamat IP Publik Internet-routable dari gateway NAT dapat digunakan untuk banyak jaringan pribadi atau private network.

Network Address Translation
Images by Adi

IP masquerading adalah teknik yang menyembunyikan seluruh alamat IP lokal, biasanya terdiri dari alamat IP private, di belakang satu alamat IP di tempat lain, biasanya ruang alamat publik. Alamat yang harus disembunyikan diubah menjadi satu alamat IP (publik) sebagai alamat sumber “baru” dari paket IP keluar sehingga muncul sebagai berasal bukan dari host tersembunyi tetapi dari perangkat router itu sendiri. Karena popularitas teknik ini untuk menghemat ruang alamat IPv4, istilah NAT telah menjadi hampir sama dengan IP masquerading.

Menterjemakan alamat jaringan (IP Address) dengan memodifikasi informasi alamat IP dalam paket. Yaitu memiliki konsekuensi pada kualitas konektivitas Internet dan memerlukan perhatian yang cermat terhadap perincian konfigurasi dalam pelaksanaannya. Implementasi NAT sangat bervariasi dalam perilaku spesifik dalam berbagai kasus pengalamatan (addressing) dan pengaruhnya terhadap lalu lintas jaringan. Spesifikasi pemberlakuan Network Address Translation (NAT) umumnya tidak didokumentasikan oleh vendor peralatan yang mengandung implementasi NAT.

Network Address Translation Basic

Jenis NAT yang paling sederhana adalah menterjemahkan alamat IP satu-ke-satu, alamat IP dari segmen satu ke segmentasi yang lainnya. RFC 2663 mengacu pada tipe NAT ini sebagai NAT Basic, sering juga disebut NAT point to point. Pada tipe NAT ini, hanya alamat IP, checksum header IP, dan checksum tingkat lebih tinggi yang menyertakan alamat IP diubah. NAT Basic dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan IP yang memiliki pengalamatan yang tidak kompatibel.