Membangun Infrastruktur Jaringan Komputer

Membangun Infrastruktur Jaringan Komputer

Membangun Infrastruktur jaringan komputer dalam sebuah lingkungan perkantoran atau perusahaan (SOHO), dibangun dan dikembangkan dengan design dan rencana yang baik. Tentunya Anda akan membayangkan dan memutar otak bagaimana jaringan ini akan berkerja dengan baik dan optimal, bagaimana jaringan ini akan mudah untuk dimanagemen penggunaanya, bagaimana supaya tidak mengeluarkan biaya yang sangat besar serta bagaimana supaya mudah melakukan pemeliharaan dengan effort yang tidak besar plus keamanan yang baik dan dapat dihandalkan.

membangun infrastruktur jaringan komputer
Images by Zeea

Membangun infrastruktur jaringan komputer yang baik ada beberapa syarat, diantaranya :

  • Topologi Jaringan harus tercatat dan termaping dengan baik sesuai dengan strukturnya dan alurnya. Sehingga misal ada salah satu node jaringan yang putus, maka Anda akan dapat dengan mudah untuk melakukan trace. Node mana yang perlu diganti atau sekedar dimaintenance.
  • Sesuai dengan kebutuhan atau kwantitas pengguna jaringan yang akan dibangun, misal 100 pengguna 2000 pengguna dan sebagainya.
  • Ada perangkat pengatur penggunaan jaringan (bandwidth management, internet akses management, application management, firewall, proxy dan sebaginya).
  • Dibangun dengan media penghantar atau transmisi yang baik. Untuk saat ini jika menggunakan kabel UTP direkomendasikan kabel UTP Cat-6 untuk pendistribusian ke masing-masing komputer client. Antar switch distribution serta kabel optical untuk sambungan dari main switch ke switch distribution.
  • Dibentuk oleh perangkat-perangkat yang brandingnya memang sudah teruji kehandalannya dan keawetan, misal Cisco, HP, Juniper dan masih banyak lagi.

Dalam proses membangun infrastruktur jaringan komputer baik skala besar atau skala kecil dilingkungan kerja Anda. Sebaiknya Anda harus menrencanakan dan menghitung kebutuhan serta anggaran yang disiapkan. Supaya dapat menghasilkan sebuah design jaringan yang handal dan optimal.

Blue print sebagai dasar dan acuan pengembangan juga tak kalah pentingnya guna menunjang kerberhasilan Anda mendesign sebuah jaringan yang baik, sebab dengan berbekal pada acuan inilah seorang admin jaringan akan dapat dengan mudah menganalisa jika ada trouble shoot yang terjadi, serta memepermudah seorang administrator dalam merencanakan penambahan perangkat-perangkat baru di masa yang akan datang. Sebagai pembangun network yang profesional tentunya Anda harus paham jalur-jalur komunikasi antar perangkat Anda dengan memberikan label antara terminal satu dengan terminal yang lainnya. Selamat mencoba dan merancang design jaringan komputer Anda dilingkungan kerja Anda.

Pengujung juga mencari :