Infrastruktur Jaringan Komputer Untuk Perkantoran dan Gedung

infrastruktur jaringan komputer feature

Infrastruktur Jaringan Komputer

Infrastruktur jaringan komputer adalah gabungan berbagai perangkat keras yang saling terhubung perangkat keras lainnya, dan terdiri dari perpaduan banyak teknologi dan system. Sedangkan fungsi dari insfrastruktur jaringan tersebut adalah untuk saling menghubungkan komunikasi data antara perangkat komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah SOHO (Small Office Home Office) satu lokasi ke lokasi yang lainnya.

Infrastruktur Jaringan Komputer
Images edited by Adi

Sebagai administrator jaringan yang bertanggung jawab mengatur serta mengelola jaringan. Anda harus bisa menguasai teknologi-teknologi yang terkait agar nantinya infrastruktur jaringan komputer yang anda kelola. Pastikan bisa dipelihara dengan baik dan ditangani dengan mudah, cepat serta meringankan dalam penyelesaian masalah. Jika terjadi kendala dalan jaringan komputer Anda, baik itu berupa masalah kecil sampai ambruknya semua system jaringan anda secara global.

Biasanya seorang administrator jaringan akan mempunyai sebuah blue print grand design catatan-catatan jaringan yang Beliau kelola. Mulai dari catatan alamat IP masing-masing perangkat jaringan. Misal printer sharing server, file server, mesin-mesin yang mempunyai IP Address dan lain sebagainya lengkap dengan akses user berserta passwordnya.

Saat ini infrastruktur jaringan komputer sudah menjadi kebutuhan yang penting dan mendesak dalam dunia kerja di industri dan perkantoran. Dengan perangkat-perangkat komputer dan komunikasi yang sudah saling terhubung dengan baik. Maka employer sudah tidak disibukkan lagi oleh masalah-masalah sederhana seperti sharing pinter untuk di pakai bersama-sama. Mengatur akses file sharing yang bisa di akses oleh orang banyak, pembagian hak akses dan masih banyak lagi manfaatnya.

Pengelolaan infrastruktur jaringan komputer

Pengelolaan infrastruktur jaringan komputer yang baik akan mempermudah dalam perawatan. Mempermudah perhitungan penambahan perangkat, management, serta mengoptimalisasi penggunakan dan biaya tentunya. Ada beberapa macam merek yang sering digunakan para administrator jaringan komputer di perkantoran. Kita butuh perangkat yang dapat diandalkan kemampuan dan performanya. Contohnya antara lain ada cisco, allied telesis, 3Com, Smart Bridges, Motorolla, Senao dan masih banyak lagi.

Dari segi jumlah pemakai atau user serta luar areanya, jaringan komputer dibagi menjadi 4 golongan

  • PAN (Private Area Network), Jaringan ini hanya untuk para pengguna dengan jumlah yang sangat kecil misal untuk sekedar sharing printer antara 2 PC atau lebih dirumah.
  • LAN (Local Area Netword), Jaringan ini untuk skala yang lebih besar kurang lebih hingga 254 perangkat komputer yang terhubung. Biasanya jenis ini diginakan untuk SOHO (Small Office Home Office).
  • MAN (Metropolitan Area Network), Jaringan jenis ini lebih besar dari jeni LAN biasanya ini bisa untuk management antar kampus dalam sebuah univercity, misal jaringan traffic monitor center lalulintas Polwiltabes Surabaya dan sebagainya.
  • WAN (Wide Area Network), jaringan jenis ini adalah jaringan yg sering kita sebut sebagai jaringan internet yang menghubungkan jutaan perangkat komputer di seluruh dunia.

Pengujung juga mencari :