Bisnis Wifi Rumahan Murah Meriah Mendatangkan Rupiah

Bisnis Wifi Rumahan

Bisnis wifi rumahan saat ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Dengan kemajuan teknology dan tuntutan serba cepat dan efisien saat ini internet adalah merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat. Bisnis hotspot pada area perumahan yang padat penghuni bisa menjadi ladang baru di era serba digital ini.

Bisnis Wifi Rumahan

Kita semua tahu dengan kemajuan gadgets saat ini hampir 100% membutuhkan koneksi internet. kita semua paham jika akses internet adalah sesuatu yang masih mahal dinegara ini. Sedangkan masyarakat dari berbagai kalangan, golongan, umur dan strata hampir sebagian besar membutuhkan internet untuk masing-masing kegiatannya. Baik untuk keperluan sekolah, bekerja, usaha bahkan bersosialisasi. Maka dengan perkembangan kebutuhan dan tuntutan jaman tersebut bisnis wifi rumahan akan membantu meringankan beban pembelian quota internet yang masih melangit saat ini.

Konsep bisnis wifi rumahan sebenarnya hampir sama dengan bisnis hotspot RT/RW Net yang sudah banyak berkembang. Hanya saja kalau RT/RW Net akan diperlukan biaya dan insfrastruktur yang mahal dan besar. Dengan wifi rumahan atau hostpot rumahan ini adalah menyasar kepada pengguna gadgets area terbatas misal radius 150 meter dari taman perumahan, 150 meter dari warung kopi atau tempat-tempat strategis lain yang biasanya buat nongrong para muda untuk beraktifitas.

Untuk memperluas area jangkauan signal wifi ke banyak tempat bisa menggunakan repeater atau metode WDS atau Wireless Distribution System. Yakni masing-masing akses point wifi yang saling terhubung fia wireless dan meneruskan hingga kemasing-masing klien atau pengguna. Insfrastruktur bisnis wifi rumahan ini jika dibanding dengan RT/RW Net tentunya berbeda, baik dari sisi jangkauan maupun biaya insfrastruktur yang diperlukan. wifi atau hotspot rumahan ini biayanya jauh lebih murah namun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang kurang lebih sama dengan RT/RW Net.

Insfrastruktur bisnis hotspot rumahan yang diperlukan lebih kurang sebagai berikut :

  1. Paket internet dari provider. Misal Telkom Indihome, Myrepublik, Fistmedia, MNC Media dan sebagainya.
  2. Wifi akses point. Misal Engenius, Dlink, Prolink dan sebagainya. (yang support WDS)
  3. Billing user management.

Paket internet

Paket internet dari provider tentunya menjadi insfrastruktur wajib dan pokok untuk membangun bisnis hostpot rumahan ini. Anda bisa belangganan pada provider yang sudha tersedia pada tempat Anda tinggal. Misal myrepublik atau MNC, maka Anda tinggal berlngganan salah satu atau keduanya sebagai pemasok internet bahan baku Anda. Untuk awal pasang satu provider saja dengan paket rumah tangga yang paling murah dan unlimeted akses. Dibutuhkan unlimeted akses artinya quota bandwitdh yang akan kita pakai tidak ada batasan dan pembayarannya flat berpapun yang akan kita gunakan.

Wifi akses point

Perangkat ini berfungsi sebagai penyebar signal wifi yang sudah terkoneksi dengan internet di area perumahan Anda. Misal memasang pada lokasi taman depan rumah Anda, maka Anda bisa menjual ulang bandwitdh Anda kepada pengguna samping kiri kanan depan belakang rumah Anda untuk menggunakan internet Anda dengan biaya misal Rp 50.000 rupiah perbulan. Jika dibanding mereka harus beli paket pulsa quota dengan harga 100 ribu per bulan dan degan batasan quota, mka tentunya pilihan tawaran Anda lebih menguntungkan bukan?. Misal ada 10 orang yang mau bergabung berlangganan wifi hostpot yang Anda bangun maka sudah bisa dihitung Anda akan memperoleh dana Rp. 500.000 perbulan. Jika Anda berlangganan Rp 300.000 per bulan maka disini Anda sudah untung Rp 200.000 per bulan per titik akses point. Bagaimana jika Anda punya puluhan atau ratusan akses point?

Billing users management

Dalam bisnis wifi rumahanperngkat ini sebenarnya optional, Anda bisa menggunakan bisa juga tidak. Fungsi utama perngkat ini sebenarnya untuk mengatur penggunaan wifi yang Anda manage. Jadi tidak semua perangkat bisa mendapatkan pelayanan yang sama dan setara. Anda bisa membedakan dan mengatur pemakaian user Anda misal ada yang dibatasi aksesnya 1 mbps saja, ada yang 2 mbps tergantung harga paket yang mereka pilih. Anda juga bisa jualan berdasarkan durasi misal perjam per hari atau terserah Anda ingin memanage degan gaya apa.

Pengujung juga mencari :